Ini Pentingnya Vaksinasi Booster Bagi Pemudik Lebaran

| Senin, 28/03/2022 23:17 WIB
Ini Pentingnya Vaksinasi Booster Bagi Pemudik Lebaran Vaksin Booster. (Foto: covidgoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memasukan vaksin booster sebagai salah satu syarat perjalanan mudik lebaran mendatang. Setidaknya, berdasarkan hasil survei Badan penelitian dan pengembangan perhubungan, Kementerian Perhubungan, 80 juta orang berpotensi akan melakukan perjalanan mudik.

Kemenkes menrangkan, jika vaksinasi dosis booster mampu meningkatkan proteksi diri seseorang. Tujuannya tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga melindungi orang lain, terutama lansia hingga mereka yang memiliki sakit penyerta (Komorbid).

"Mobilitas masyarakat yang masif memungkinkan penularan Covid-19 lebih tinggi. Sehingga vaksinasi booster penting dilakukan untuk membantu mengurangi dampak kesakitan jika tertular COVID-19,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid seperti dilansir dari laman resmi Kemenkes RI, Senin, 28 Maret 2022.

Lebih lanjut disampaikannya, dr Nadia mengaku optimis untuk hidup berdampingan dengan COVID-19. Namun, tingginya mobilitas masyarakat perlu adanya langkah antisipasi dan perlindungan yaitu vaksinasi booster.

"Kita optimis ya bisa hidup berdampingan dengan Covid-19, selalu menjadi puncak yang tinggi apabila ada mobilitas yang bergerak (tinggi/masif). Bukan hanya mudik saja jadi idul fitri itu jadi arus untuk liburan juga, tempat wisata harus benar-benar menggunakan PeduliLindungi," ujarnya.

Tags : Kemenkes RI , Vaksin , Booster , Lebaran , Mudik , COVID-19