Percepat Digitalisasi UMKM, Pemerintah Gandeng Grab Indonesia

| Kamis, 07/04/2022 22:38 WIB
Percepat Digitalisasi UMKM, Pemerintah Gandeng Grab Indonesia Peluncuran Motor Listrik oleh Grab di Bali, 26 November 2020 (Doc: Grab)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) mempercepat digitalisasi pelaku Usaha Mikro, kecil, menengah (UMKM) dengan menggandeng aplikasi Grab.

Kerja sama diwujudukan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang disaksikan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, serta dilakukan oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan dan Direktur Utama PT Grab Teknologi Indonesia Ridzki Kramadibrata secara virtual, Kamis, 7 April 2022.

“Saya sangat berharap nota kesepahaman ini akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi UMKM sehingga digitalisasi perdagangan dapat menjadi salah satu game changer untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” ujar Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi menyebut, UMKM merupakan penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa pandemi Covid-19. Pada 2021, UMKM berkontribusi lebih dari 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan menyerap lebih dari 97 persen tenaga kerja.

“Dengan jumlah lebih dari 64 juta, UMKM Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengakselerasi transformasi digital sektor perdagangan dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” jelas Mendag Lutfi.

Seraya menambahkan, Oke Nurwan menambahkan, salah satu ruang lingkup kerja sama meliputisosialisasi dan edukasi, baik secara luring dan daring melalui aplikasi Grab kepada pelaku UMKM di sektor perdagangan dan ekosistemnya, termasuk pada pelaku usaha, asosiasi, komunitas, dan pemerintah daerah.

“Melalui kerja sama ini, UMKM dapat mempromosikan dan mendistribusikan barang yang dibutuhkan masyarakat dengan memanfaatkan ruang promosi yang disediakan aplikasi Grab,” imbuh Oke.

 

Tags : Grab Indonesia , UMKM

Berita Terkait