Sidak ke Muara Baru, Komisi IV DPR Cek Saluran Pembuangan Limbah Pengelolaan Ikan

| Jum'at, 08/04/2022 23:03 WIB
Sidak ke Muara Baru, Komisi IV DPR Cek Saluran Pembuangan Limbah Pengelolaan Ikan Pasar Modern Muara Baru (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) sekaligus inspeksi mendadak (sidak) ke Kawasan Industri Perikanan Muara Baru, Jakarta Utara, Jumat, 8 April 2022.

“(Komisi IV) sengaja sidak ke lokasi ini karena ada pengaduan masyarakat bahwa ada perusahaan yang langsung membuang limbahnya ke saluran air, yang mengakibatkan pencemaran lingkungan, dari 180 tenant (penyewa) hanya 35 perusahaan yang ikut program menjadi satu dengan limbah ini,” kata Ketua Komisi IV DPR RI Sudin.

Menurut Sudin, sidak yang dilakukannya sebagai bentuk tindak lanjut pengaduan masyarakat perihal bau amis dan limbah dari industri pengolahan ikan.

"Tim Kunjungan Kerja Komisi IV melakukan pengecekan saluran-saluran air yang berada di dalam kawasan. Kondisi air di dalam saluran air berwarna hitam dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bahkan beberapa saluran air ditutup dengan beton tebal untuk menghindari banjir," katanya.

Sudin menyampaikan, Tim Kunker Komisi IV juga mendapati terdapat sejumlah perusahaan yang baru mengurus perizinan lingkungan dan membangun instalasi pengolahan air limbah mandiri. Padahal perusahaan tersebut telah beroperasi sejak lama.

“Seluruh perusahaan ini wajib memasukkan limbahnya ke limbah, jangan malah dibuang ke laut, harus masuk ke limbah komunal,” imbuhnya.

Terkait permasalahan tersebut, lanjut Sudin, Komisi IV akan menindaklanjuti dengan memanggil pihak KKP dan Perindo untuk mencari jalan keluar permasalahan tersebut. “Kita cari rumusan terbaik. Kalau tidak mampu akan kita kasih ke swasta, kenapa tidak. Tapi dengan satu ketentuan, pengelolaan lingkungannya baik dan negara tidak dirugikan,” tandasnya.

Tags : Pasar Ikan Muara Baru , Komisi IV DPR

Berita Terkait