Pastikan Ketersediaan Bapok, Pemerintah Bareng DPR Sidak ke Pasar Cibinong

| Selasa, 12/04/2022 20:38 WIB
Pastikan Ketersediaan Bapok, Pemerintah Bareng DPR Sidak ke Pasar Cibinong Pasar Cibinong (foto: tohagaid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada hari ini, Selasa, 12 April 2022. Sidak kali ini, Kemendag bareng Anggota Komisi VI DPR RI.

“Peninjauan dilakukan untuk memastikan ketersediaan pasokan bapok selama Ramadan dan menjelang hari raya Idulfitri,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan dalam keterangannya, Selasa 12 April 2022.

Turut hadir dalam sidak kali ini, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo, Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin serta, Wakil Ketua Komisi VI Mohamad Hekal.

Oke mengungkapkan, di tengah gejolak pangan dunia, Pemerintah memastikan ketersediaan bapok, terutama selama puasa dan menjelang perayaan Lebaran. Gejolak dunia bukan hanya dari harga namun juga transportasi biaya logistik yang naik cukup tajam sehingga beberapa komoditas impor harus ada penyesuaian.

“Namun untuk komoditas tertentu yang menyangkut hajat hidup orang banyak akan ada subsidi. Misalnya kedelai, UMKM perajin tahu tempe kita pastikan ketersediaan pasokan kedelai dan siapkan bantuan berupa bantuan selisih harga,” jelas Oke.

Oke juga menyampaikan, Pemerintah menyiapkan pelonggaran yang harus dapat dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Adanya pelonggaran tersebut, apalagi adanya cuti bersama akan meningkatkan permintaan bapok.

“Oleh sebab itu, Pemerintah memastikan ketersediaan pasokan bapok. Di tengah pelonggaran tersebut, diharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan karena ini merupakan kesempatan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” imbuh Oke.

Tags : Kemendag , Sidak , Bapok

Berita Terkait