Kolaborasi Data Kesehatan Nasional, Pemerintah Luncurkan Platform IHS

| Senin, 25/04/2022 22:19 WIB
Kolaborasi Data Kesehatan Nasional, Pemerintah Luncurkan Platform IHS Ilustrasi ruangan Rumah Sakit (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan platform Indonesia Health Services (IHS). Platform ini akan mulai diujicobakan (Beta Testing) tahun ini bagi pelaku di bidang kesehatan, mulai dari fasilitas layanan kesehatan hingga pelaku industri di bidang kesehatan.

Staf Ahli Menteri Kesehatan bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji, mengatakan pendekatan platform IHS akan menjadi penghubung antar platform aplikasi yang beragam pada berbagai pelaku industri kesehatan. Menurutnya, platform ini tidak untuk menggantikan fungsi aplikasi yang telah ada saat ini, juga tidak untuk menyatukan semua fungsi aplikasi menjadi satu aplikasi tunggal.

“Dampaknya, implementasi pendekatan platform ini akan mewujudkan kolaborasi data kesehatan nasional bersama seluruh pelaku industri kesehatan, tanpa ada ketergantungan pada platform pemrograman tertentu,” kata Setiaji di Jakarta, Senin, 25 April 2022.

Setiaji menjelaskan bahwa layanan tersebut yang akan dilakukan uji coba berupa layanan resume rekam medis, layanan COVID-19, dan layanan laboratorium. Platform ini bermanfaat seperti tenaga kesehatan tidak perlu menginput data berulang pada aplikasi yang berbeda, Riwayat pengobatan pasien dapat terpantau dengan detail dan runtut meski pasien berobat di rumah sakit berbeda, Koordinasi antar Fasyankes lebih efektif karena kemudahan komunikasi untuk mencari layanan rujukan hingga meningkatkan kemampuan pemerintah untuk deteksi dini, pencegahan, dan respon terhadap penyakit menular.

“IHS menyediakan spesifikasi dan mekanisme terstandar atas proses bisnis, data, teknis, dan keamanan,” tukasnya.

Tags : Rumah Sakit , Kemenkes

Berita Terkait