Pemerintah Ajak Sektor Swasta Gerakkan Investasi di Indonesia

| Rabu, 11/05/2022 18:31 WIB
Pemerintah Ajak Sektor Swasta Gerakkan Investasi di Indonesia Ilustrasi. Investasi SWF (Doc: EWN)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak sektor swasta untuk ikut berkontribusi menggerakkan investasi di Indonesia.

“Perbaikan untuk iklim investasi adalah keharusan,” kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Selasa 10 Mei 2022 kemarin.

Menkeu Sri Mulyani menilai investasi di Indonesia tidak hanya tergantung dari APBN, tetapi juga berasal dari sektor swasta.

“Meskipun APBN belanja modalnya untuk pembangunan infrastruktur, untuk berbagai belanja-belanja yang produktif, namun sebetulnya sumber investasi itu yang paling besar justru dari perusahaan atau swasta,” kata Menkeu Sri Mulyani.

Sri Mulyani menilai perusahaan-perusahaan swasta sudah siap meningkatkan kegiatan investasi. Hal tersebut dapat dilihat dari penerimaan pajak sampai dengan bulan April 2022 yang sudah mulai pulih.

“Mungkin untuk beberapa sektor tertentu belum ya seperti yang hotel yang baru saja bangkit, tapi (sektor) manufaktur, perdagangan, bahkan transportasi yang tadinya sangat terpukul, mereka sudah mulai bangkit. Ini bagus karena berarti mereka mulai melakukan ekspansi usahanya lagi, kegiatan usaha, baik menggunakan yang disebut modal kerja maupun modal investasi,” ujarnya.

 

Tags : Investasi , Indonesia , Kemenkeu