DPR Harap Hepatitis Akut Tak Jadi Pandemi Seperti Covid-19

| Rabu, 11/05/2022 19:22 WIB
DPR Harap Hepatitis Akut Tak Jadi Pandemi Seperti Covid-19 Ilustrasi Hati (foto: freepic)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad berharap penyakit hepatitis akut ‘misterius’ tidak menjadi pandemi seperti Covid-19.

“Mudah-mudahan soal hepatitis ini tidak seperti Covid yang kemudian menjalar menjadi pandemi,” kata Sufmi Dasco dilansir dprgoid, Rabu 11 Mei 2022.

Untuk itu, Dasco meminta Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar serius mencari solusi untuk menangani penyakit tersebut, sehingga tidak menular, apalagi menjadi pandemi baru di Tanah Air.

“Kami minta kepada kemenkes dalam hal ini untuk lebih serius menangani masalah ini,"  pintanya.

Dasco menyebut pengalaman virus misterius yang kemudian menyebar sudah pernah terjadi. Menurutnya, jika tidak dideteksi dan diantisipasi akan terjadi hal yang tak diinginkan.

“Pengalaman hal seperti ini yang tidak dideteksi dini dan diantisipasi bisa membuat hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Dasco.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, Kemenkes saat ini telah berkoordinasi dengan WHO dan beberapa negara di Eropa untuk mencari tahu penyebab penyakit misterius tersebut.

“Virus ini menularnya lewat asupan makanan yang lewat mulut. Jadi, kalau bisa rajin cuci tangan, kita pastikan yang masuk ke anak-anak kita. Ini banyak menyerang di bawah 16 tahun dan lebih banyak lagi di bawah 5 tahun,” kata Menkes.

 

 

Tags : Hepatitis , Kemenkes