Kemenkes Lakukan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

| Kamis, 19/05/2022 16:35 WIB
Kemenkes Lakukan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Ilustrasi ruangan Rumah Sakit (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM - Seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pusat melakukan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) di halaman Unit Pelayanan Kesehatan, Kemenkes, Jakarta, Kamis 19 Mei 2022.

“Deteksi dini ini dilakukan dalam rangka Gerakan Bulan Deteksi Dini PTM yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kemenkes Ida Gunadi Sadikin.

Ida Gunadi Sadikin berharap, pelaksanaan kegiatan pada bulan deteksi dini penyakit tidak menular tersebut menjadi langkah penting dalam mengenali tanda dan gejala PTM di karyawan-karyawati Kemenkes.

Begitu juga Plt. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dr. Elvieda Sariwati mengharapkan melalui deteksi dini ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada pegawai Kemenkes akan pentingnya deteksi dini penyakit tidak menular untuk diberikan perhatian sedini mungkin.

“Deteksi dini penyakit menular ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia secara serentak yang bertujuan untuk percepatan pencapaian deteksi dini,” ungkapnya.

Pemeriksaan yang dilakukan adalah antopometri, berat badan, tinggi badan, kemudian tekanan darah untuk deteksi dini hipertensi, pemeriksaan gula darah untuk mendeteksi diabetes, pemeriksaan tajam penglihatan dan tajam pendengaran untuk mendeteksi adanya gangguan penglihatan dan gangguan pendengaran, serta penyakit kronis.

Khusus pada wanita usia 30 sampai 50 tahun yang sudah menikah akan dilakukan pemeriksaan IVA dan Sadanis untuk mendeteksi kanker serviks maupun kanker payudara.

Tags : PTM , Kemenkes

Berita Terkait