BNPB Inisiasi Pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana se-Sultra

| Kamis, 19/05/2022 20:28 WIB
BNPB Inisiasi Pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana se-Sultra BNPB menggelar kegiatan pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana di Kendari (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM -Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) menginisiasi pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Seluruh Sulawesi Tenggara di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu, 18 Mei 2022 kemarin.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana di tingkat kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara, serta meningkatkan kesiapsiagaan unsur pentaheliks di masyarakat dalam pengurangan risiko bencana,” kata Deputi Bidang Pencegahan Prasinta Dewi

Menurut Prasinta, forum PRB tersebut menjadi salah satu bagian penting dari penanganan bencana, khususnya dalam meningkatkan kapasitas masyarakat, “Forum PRB menjadi partner BNPB dan BPBD dalam pengurangan risiko bencana di daerah,” ujarnya.

Prasinta mengatakan, kehadiran Forum PRB memegang peranan penting sebagai wadah pegiat PRB yang mengakomodasi unsur-unsur pentaheliks agar terlibat dalam penanganan bencana.

Sementara itu, Direktur Kesiapsiagaan Pangarso Suryotomo menambahkan, beberapa nilai penting yang perlu diperhatikan dalam Forum PRB yaitu keterwakilan dari masing-masing aspek baik gender, usia dan keberagaman latar belakang anggotanya.

“Selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan PRB lokal dan budaya setempat, serta difokuskan pada peningkatan ketangguhan masyarakat dalam penanggulangan bencana,” ucapnya.

Tags : BNPB , Bencana , Kebencanaan