Hari Ini Gus Muhaimin Bincang Online dengan Zelensky soal Perang Rusia-Ukraina

| Jum'at, 27/05/2022 11:04 WIB
Hari Ini Gus Muhaimin Bincang Online dengan Zelensky soal Perang Rusia-Ukraina Pamphlet bincang Gus Muhaimin dengan Zelenskyy sore nanti (foto Twitter @cakiminow)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar hari ini akan menggelar pertemuan virtual dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membahas invasi Rusia di Ukraina.

Pertemuan itu difasilitasi forum yang diselenggarakan oleh komunitas hubungan internasional di Indonesia dan Asia Tenggara atau Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan disiarkan lewat channel Youtube FPCI pada pukul 15.00 WIB.

"Hari ini Presiden Ukraina Zelensky berbincang dengan kita. Ayo gabung, kita simak bagaimana perspektif Presiden Zelensky tentang invasi Rusia ke negaranya," kata Gus Muhaimin di Jakarta, Kamis, 27 Mei 2022.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai perang Rusia dan Ukraina menjadi ancaman serius yang dampaknya bukan saja dirasakan kedua negara, melainkan seluruh dunia termasuk Indonesia.

"Karena itu perbincangan sore nanti sangat penting untuk melihat bagaimana sebenarnya yang terjadi, dari situ saya kira Indonesia bisa mengambil sikap untuk menyelesaikan perang, menuai damai di Rusia dan Ukraina," tutur Gus Muhaimin.

Sementara itu, Pendiri FPCI Dino Patti Djalal menjelaskan bahwa nantinya Zelensky akan menjelaskan berbagai hal tentang kondisi Ukraina saat ini. Pasalnya selama ini informasi terkait kondisi Ukraina disebut kerap simpang siur.

"Jadi selama ini kan banyak yang simpang siur terkait Ukraina. Jadi kami mengundang Presiden Zelensky untuk pertama kalinya kepada publik Indonesia dan Asia. Nanti akan disampaikan pandangan Ukraina seperti apa," tuturnya.

Dia juga mengingatkan bahwa masyarakat Indonesia jangan kehilangan prespektif soal konflik antara Ukraina dan Rusia saat ini. Sebab, saat ini kondisinya adalah invasi, bukan perang.

"Kita jangan kehilangan prespektif. Ini bukan dua negara yang sedang perang. Tapi ini satu negara yang sedang diinvasi," ungkapnya.

Tags : Gus Muhaimin , Ukraina , Rusia

Berita Terkait