Manfaatkan e-Commerce, Kemendag Dorong UKM Masuk Pasar Global

| Jum'at, 27/05/2022 19:17 WIB
Manfaatkan e-Commerce, Kemendag Dorong UKM Masuk Pasar Global Gedung Kemendag (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memanfaatkan (e-commerce) untuk mendorong ekspor dan memasuki pasar global dengan memanfaatkan platform digital yang dikelola perwakilan dagang Indonesia di luar negeri.

“Platform digital membuka peluang ekspor bagi para pelaku usaha Indonesia, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ingin ‘go global’ khususnya selama masa pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir ini,” kata Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN), Didi Sumedi dalam rilisnya.

Menurut Didi, selama masa pandemi, UKM merupakan salah satu sektor yang terdampak secara negatif. Namun sisi positifnya, terdapat akselerasi pemanfaatan teknologi digital serta meningkatnya keterlibatan UKM dalam pasar digital.

“Kerja sama Kemendag dengan para mitra diharapkan dapat terus mendorong para pelaku UKM untuk memasuki pasar global," ujar Didi.

Sementara itu, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Ditjen PEN, Ni Made Ayu Marthini mengatakan, potensi ekspor UKM masih didominasi oleh produk-produk seperti aksesori, batik, kriya, fesyen, serta makanan dan minuman olahan.

“Untuk itu, Ditjen PEN Kemendag akan melaksanakan sosialisasi dan lokakarya secara reguler untuk memanfaatkan platform digital sebagai sarana ekspor promosi ekspor sehingga dapat menjangkau para pelaku ekspor secara luas,” ungkapnya.

 

Tags : UKM , UMKM , Kredit Mikro