Wapres Maruf Amin Apresiasi Upaya BI Kembangkan UMKM

| Jum'at, 27/05/2022 19:56 WIB
Wapres Maruf Amin Apresiasi Upaya BI Kembangkan UMKM KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengapresiasi upaya Bank Indonesia melaksanakan program pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui tiga pilar kebijakan yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan perluasan akses pembiayaan. Untuk itu, Kiai Maruf berharap sinergi dan kolaborasi Bank Indonesia (BI) dengan berbagai pihak dalam mengembangkan UMKM terjaga dan diperluas.

"Saya mengapresiasi upaya Bank Indonesia. Ke depan saya minta agar sinergi dan kolaborasi yang baik antara BI dengan kementerian/lembaga, asosiasi dan komunitas, dalam upaya pengembangan UMKM di Indonesia, dapat terus terjaga bahkan menjangkau berbagai pihak lain," kata Wapres pada sambutannya secara daring pada pembukaan acara Karya Kreatif Indonesia 2022, di Jakarta, Jumat, 27 Mei 2022.

Dijelaskannya, UMKM sebagai penggerak ekonomi perlu dorongan berkelanjutan untuk berkarya, termasuk dukungan untuk meningkatkan peran perempuan dan kaum muda dalam pemulihan dan kebangkitan UMKM. Sehingga, lanjutnya, UMKM dapat menjadi penopang generasi bangsa di masa depan.

"Dalam berbagai kesempatan saya sampaikan bahwa perluasan akses pasar dan akselerasi berbagai inovasi di bidang teknologi dan digital harus terus diperkuat, karena keduanya adalah tuas bagi UMKM agar naik kelas, tidak terkena penyakit stunting," tukasnya.

Selain itu, kata dia, dukungan esensial yang juga dibutuhkan UMKM adalah dukungan untuk merealisasikan UMKM bersertifikat halal sebagai jaminan, perlindungan bagi umat dalam mengonsumsi produk halal, sekaligus untuk kemudahan ekspor terutama ke negara-negara berpenduduk mayoritas muslim.

Wapres berharap melalui penyelenggaraan acara Karya Kreatif Indonesia 2022, UMKM di seluruh Indonesia semakin termotivasi agar secara kontinu menghasilkan terobosan meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi kebutuhan pasar sekaligus menyesuaikan dengan perkembangan selera konsumen yang berorientasi ekspor, serta memanfaatkan beragam platform digital, agar berhasil menembus pasar internasional.

Pemerintah, lanjutnya, berkomitmen mendorong peningkatan ekonomi bangsa diantaranya diwujudkan melalui peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang didalamnya termasuk penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Artinya, sambung Kiai Maruf, upaya mengangkat produk dalam negeri menyasar koherensi mulai dari industri hulu hingga ke hilir.

Tags : Wapres , Maruf Amin , BI , UMKM , Gernas BBI