Pemerintah Lepas 776 Petugas Haji Bidang Kesehatan

| Selasa, 31/05/2022 16:12 WIB
Pemerintah Lepas 776 Petugas Haji Bidang Kesehatan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kunta Wibawa Dasa Nugraha melepas ratusan petugas haji bidang kesehatan di Jakarta (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah yang diwakili  Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kunta Wibawa Dasa Nugraha melepas Petugas Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Bidang Kesehatan Arab Saudi 2022 di kantor Kemenkes, Jakarta, Selasa, 31 Mei 2022.

Berdasarkan info yang dihimpun redaksi, total ada 776 Petugas Kesehatan Haji terdiri dari 472 tenaga kesehatan haji dan 304 PPIH Arab Saudi.

Kepala Pusat Haji, Budi Sylvana menyebutkan pemberangkatan PPIH akan dibagi dalam 3 kloter, kloter pertama sebanyak 12 orang telah diberangkatkan pada 24 Mei, kloter kedua yakni Tim Danker Madinah dan bandara diberangkatkan 1 Juni sebanyak 119, sisanya atau kloter tiga yakni Danker Mekkah akan diberangkatkan 9 Juni mendatang berjumlah 157 orang.

“Seluruh tim kesehatan akan bertugas untuk mengisi 296 titik layanan kesehatan di Arab Saudi selama musim operasional haji 2022,” katanya.

Menurut Kunta, pelaksanaan haji tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mengingat ibadah haji tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, Ia mengingatkan kepada para petugas kesehatan haji khususnya para calon jemaah untuk disiplin menjaga protokol kesehatan 5M, vaksinasi dosis lengkap COVID-19 termasuk melakukan booster dan vaksin meningitis.

“Saya berharap agar petugas kesehatan dapat menjadi pionir dan memberikan contoh yang baik kepada jemaah dalam menerapkan protokol kesehatan. Tentu saja, kita berharap jemaah dan petugas kita semua terbebas dari COVID-19 baik pada saat keberangkatan hingga kembali ke Tanah Air,” tandasnya.

Tags : Petugas Haji Bidang Kesehatan , Haji 2022

Berita Terkait