Bumikan Pancasila, Syaiful Huda Dorong Pemerintah Gelar Festival Pancasila

| Kamis, 02/06/2022 19:47 WIB
Bumikan Pancasila, Syaiful Huda Dorong Pemerintah Gelar Festival Pancasila Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mendorong pelaksanaan Festival Pancasila yang dicanangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk para peserta didik baru di setiap jenjang pendidikan di Indonesia. 

“Kami pun mendorong agar Kemendikbud Ristek bisa menggelar Festival Pancasila bagi peserta didik baru di setiap level jenjang pendidikan,” kata Syaiful Huda dalam keterangannya, Kamis 2 Juni 2022.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga sepakat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membumikan Pancasila untuk generasi muda.

“Kami sepakat dengan Presiden Jokowi jika saat ini memang dibutuhkan upaya untuk kembali melakukan pribumisasi nilai-nilai Pancasila terutama untuk generasi muda,” tambahnya.

Menurut legislator asal Jawa Barat itu, saat ini ancaman tergerusnya nilai-nilai Pancasila sebagai norma bernegara dalam kehidupan sehari-sehari kian masif. Bahkan, anak muda kini banyak yang mulai tidak mengenal akan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Bahkan untuk sekedar hafal bunyi teks Pancasila, banyak anak-anak kita yang tidak bisa melakukannya,” terangnya.

Ia mengatakan, generasi muda saat ini kian akrab dengan gadget dan berbagai perangkat digital berbasis internet, sebagai dampak dari perubahan zaman. Situasi ini membuat mereka lebih menyukai berbagai konten kreatif yang bersifat menghibur dan easy going.

“Nah selama ini upaya internalisasi Pancasila masih dilakukan secara konvensional baik melalui model menghafal atau bentuk ujian pelajaran di sekolah. Akibatnya generasi muda kita memandang konten Pancasila ini sebagai beban dibandingkan sebagai nilai luhur yang menjadi inspirasi,” kata Huda.

Ketua DPW PKB Jawa Barat itu juga menyodorkan konsep Festival Pancasila sebagai model pengenalan Pancasila kepada peserta didik. Nantinya sekolah bisa menggelar event ini selama kurun waktu tertentu. Di situ upaya pengenalan Pancasila bisa dilakukan melalui kegiatan positif berlatar seni, budaya, hingga pameran kuliner.

“Penyelenggara bisa mengemas pengenalan nilai dan praktik Pancasila dalam kehidupan sehari-hari melalui pagelaran teater, lomba puisi, lomba menulis, gelaran band, hingga pameran ragam kuliner nusantara. Berbagai kegiatan ini bisa dikemas juga melalui berbagai aplikasi yang bisa diakses secara digital. Dengan demikian akan membuat generasi muda lebih mengenal implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tukasnya.

 

 

 

 

 

 

Tags : Festival Pancasila , Hari Pancasila , Komisi X DPR

Berita Terkait