Sekjen PKB Dorong Integrasi Promosi Pariwisata dengan Budaya Indonesia

| Senin, 06/06/2022 20:45 WIB
Sekjen PKB Dorong Integrasi Promosi Pariwisata dengan Budaya Indonesia Sekjen DPP PKB, Hasanuddin Wahid silaturahim budaya seni tradisi bersama budayawan dan Seniman di Villa Songgoriti, Kota Batu, Minggu (5/6). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) M. Hasanuddin Wahid melakukan silaturahim budaya seni tradisi bersama puluhan budayawan dan seniman di Villa Songgoriti, Kota Batu pada Minggu, 5 Juni 2022 malam.

Cak Udin, panggilan akrabnya mengatakan setiap kegiatan promosi wisata selalu terintegrasi dengan budaya yang dimiliki Bangsa Indonesia. 

"Kebudayaan harus diintegrasikan dengan keberadaan wisata kekinian yang hari ini mulai banyak bermunculan di Malang Raya," ujar Cak Udin. 

Diterangkannya, sesuai arahan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, salah satunya adalah mengorbitkan sektor pariwisata dengan cara integrasi kebudayaan lokal.

Maka dari itu, ia meminta kepada pemangku kebijakan untuk memperhatikan keberadaan para pelaku budaya. Upaya yang bisa dilakukan adalah penganggaran dan menjadikan penampilan budaya sebagai bagian dari hal wajib di setiap event-event kedinasan.

"Saya berharap para pelaku budaya diberi ruang untuk berkreasi," tuturnya. 

Hal ini, lanjutnya, sebagai upaya mengapresiasi karya mereka sehingga bersama bisa menjadi duta untuk kebudayaan. Menurutnya, merawat tradisi dan budaya Nusantara adalah bagian dari tanggungjawab bersama.

Karena itu Cak Udin meminta partisipasi dari seluruh elemen agar terlibat untuk mempromosikan budaya dan pariwisata. "Jangan sampai sektor seni pertunjukan yang telah diwariskan oleh leluhur kita ini berjalan sendirian. Kita harus support untuk konsistensi kebudayaan agar negara kita tidak tercerabut dari akarnya," tandasnya.

Kegiatan silaturahim budaya seni tradisi ini dihadiri oleh perwakilan seluruh pelaku budaya antara lain dari seni Bantengan, Kuda Lumping atau Jaranan, Tari Malangan, seni bela diri pencak silat dan kesenian lainnya.

Tags : Hasanuddin Wahid , Seni , Budaya , Kota Batu , PKB

Berita Terkait