Gelaran Presidensi G20 Bali Terus Disosialisasikan ke Semua Lapisan Masyarakat

| Selasa, 07/06/2022 16:23 WIB
Gelaran Presidensi G20 Bali Terus Disosialisasikan ke Semua Lapisan Masyarakat Logo Presidensi G20 Indonesia. (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM - Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 merupakan momen penting bagi Indonesia yang diproyeksikan dapat memberikan manfaat strategis, baik dari segi ekonomi maupun sosial dan budaya.

“Pemerintah terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mensosialisasikan G20 dan mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk turut aktif berkontribusi,” kata Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Edi Prio Pambudi dalam rilisnya, Selasa 7 Juni 2022.

Menurut Edi, penyampaian substansi kepada publik harus dilakukan secara terus-menerus, sampai nanti Konferensi Tingkat Tinggi di bulan November bisa dipahami apa sebenarnya tujuan dari agenda G20 sendiri.

“Target yang terdekat pada tanggal 7 sampai 8 Juli mendatang akan diadakan pertemuan- pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri,” kata Edi.

Selain itu akan ada pertemuan tingkat Sherpa yang kedua yang dilanjutkan dengan pertemuan Finance Track dan pertemuan Menteri Keuangan dan Bank Sentral.

“Dalam pertemuan tersebut akan disepakati berbagai hal yang saya kira ini menjadi bagian penting dari G20,” jelas Edi.

Sebagai Presidensi G20, Indonesia akan berupaya untuk memperkuat peran G20 sebagai forum kepemimpinan global dengan berbagai aksi kolektif dalam menangani isu-isu strategis global yang kritis.

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Presidensi G20 Indonesia mendorong sinergi dan kolaborasi antarnegara dalam merumuskan kebijakan fiskal dan moneter yang tepat untuk mengatasi permasalahan global.

“Indonesia sangat antusias menjalankan peran presidensi G20 untuk berkontribusi kepada dunia. Indonesia akan mendorong sinergi dan kolaborasi termasuk sinergi dan kolaborasi antar menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 dapat merumuskan kebijakan fiskal dan moneter yang tepat untuk mengatasi permasalahan dunia,” tandas Presiden Jokowi.

 

 

 

 

Tags : Presidensi G20 , Kelompok Kerja Kesehatan G20