Tingkatkan Akses Pasar ke Korea Selatan, Produk UKM Indonesia Tampil di Seoul Food 2022

| Selasa, 07/06/2022 21:15 WIB
Tingkatkan Akses Pasar ke Korea Selatan, Produk UKM Indonesia Tampil di Seoul Food 2022 Gedung Kemendag (foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerja sama dengan ASEAN-Korea Centre (AKC) memfasilitasi perusahaan makanan dan minuman (mamin) dan peralatan makan kayu asal Indonesia mengikuti kegiatan ASEAN Trade Fair 2022.

“Program ASEAN Trade Fair diharapkan dapat meningkatkan akses pasar dan internasionalisasi usaha kecil dan menengah (UKM) ASEAN yang merupakan salah satu tujuan strategis ASEAN Strategic Action Plan for SME Development 2016-2025,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Kemendag, Perdagangan Didi Sumedi dalam rilisnya, Selasa 7 Juni 2022.

Pameran Seoul Food 2022 yang diselenggarakan di Korea International Exhibition Center (KINTEX), Seoul, pada 7-10 Juni 2022 tersebut untuk meningkatkan akses pasar industri dalam negeri ke Korea Selatan.

Didi menjelaskan, sejak 2014, Indonesia dan negara-negara ASEAN telah mendorong para pelaku UKM untuk memasuki pasar Korea Selatan melalui partisipasi pada berbagai pameran dagang.

“Dalam kegiatan kali ini, selain mengikuti pameran ASEAN Trade Fair, para pelaku usaha juga berkesempatan mengikuti seminar peningkatan kapasitas untuk mendapatkan informasi terkini mengenai peluang pasar Korea Selatan, tren yang berkembang, dan ketentuan impor yang berlaku,” imbuh Didi.

Tahun ini, lanjut Didi, Paviliun Indonesia pada ASEAN Trade Fair menampilkan produk minuman serbuk coklat dari Indo Universal Spice; produk minuman air kelapa, santan, dan minyak kelapa dari PT Jagad Kelapa Nusantara; produk makanan ringan berbahan kentang dengan berbagai varian rasa dari PT Pacific Food Indonesia; serta produk peralatan makan kayu dari Art Classic International.

Untuk diketahui, ASEAN–Korea Center (AKC) adalah organisasi antar pemerintah yang dibentuk untuk mendukung dan meningkatkan kemitraan ASEAN-Korea Selatan, mengembangkan saling pengertian melalui pertukaran kebudayaan dan people-to-people contact, serta mendorong upaya integrasi ASEAN.

AKC berdiri pada pada 13 Maret 2009 berdasarkan nota kesepahaman yang ditandatangani dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-11 ASEAN Republic of Korea (ROK) dan beranggotakan 10 negara anggota ASEAN serta Korea Selatan.

 

 

 

 

 

.

 

 

Tags : UKM , UMKM , Kredit Mikro

Berita Terkait