Kondisi Covid Masih Terkendali, Presiden Jokowi: Tapi Tetap Waspada!

| Jum'at, 10/06/2022 21:31 WIB
Kondisi Covid Masih Terkendali, Presiden Jokowi: Tapi Tetap Waspada! Covid Varian Baru (sumber:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, situasi pandemi COVID-19 di Indonesia masih terkendali meskipun ada sedikit kenaikan kasus dalam beberapa waktu terakhir. Menurutnya, saat ini positivity rate di Indonesia, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, masih berada di angka 1,15 persen, di bawah standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 5 persen.

“Jadi masih pada posisi terkendali meskipun kita tahu, saya sudah minta untuk diwaspadai ada sedikit kenaikan. Ini karena kemarin masalah tiga minggu atau sebulan lalu karena kita Lebaran,” kata Presiden Jokowi di Bogor, Jawa Barat, Jumat 10 Juni 2022.

Selain melihat positivity rate, jelas Presiden Jokowi indikator lainnya yaitu laju transmisi juga masih terkendali dan berada jauh di bawah standar WHO. Standar WHO untuk laju transmisi adalah 20 per 100 ribu per minggu, adapun laju transmisi di Indonesia saat ini dari data Kementerian Kesehatan berada di angka 1,03 per 100 ribu penduduk per minggu.

“Jadi masih terkendali. Tapi tetap kewaspadaan itu penting,” tegasnya.

Diberitakan seberlumnya, Pemerintah melaporkan, pada Jumat, 10 Juni 2022, kasus terkonfirmasi positif virus corona atau COVID-19 di Indonesia tercatat bertambah sebanyak 627 kasus. Sehingga, kasus positif corona berjumlah 6.059.363 kasus. Selanjutnya, pasien sembuh dari COVID-19 tercatat bertambah sebanyak 344 orang.

Total pasien sembuh dari virus corona hingga hari ini mencapai 5.898.384 orang. Sementara itu, pasien meninggal dunia karena terpapar COVID-19 juga bertambah sebanyak 3 jiwa. Kasus kematian karena terpapar corona di Tanah Air berjumlah 156.638 jiwa.

Tags : Covid19 , Presiden Jokowi

Berita Terkait