Ke Bali, Gus Muhaimin Kumpul Ribuan Pecinta Vespa Dunia

| Sabtu, 11/06/2022 13:16 WIB
Ke Bali, Gus Muhaimin Kumpul Ribuan Pecinta Vespa Dunia Abdul Muhaimin Iskandar (Wakil Ketua DPR RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengapresiasi Vespa World Days (VWD) 2022 yang dihadiri ribuan pecinta Vespa dari seluruh dunia di Peninsula Island, Bali, 9-12 Juni 2022.

Ia secara langsung menghadiri event internasional itu dan menyebutnya sebagai sejarah baru bagi gelaran tahunan pecinta motor Vespa. Sejak pertama dilaksanakan pada 1954, acara ini untuk pertama kalinya digelar di luar Eropa. VWD awalnya bernama Eurovespa.

"Luar biasa banyak sekali, ini pertama kalinya di luar Eropa. Ini artinya peluang untuk kita mendorong pariwisata kita, mendorong ekonomi kreatif kita, mendorong Vespa ini menjadi hobi yang sangat produktif," kata Gus Muhaimin di kawasan Peninsula Island, Sabtu, 11 Juni 2022.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang begitu hobi dengan motor bermesin kanan itu menaruh harapan besar VWD yang beranggotakan lebih dari 40 negara di dunia itu menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia di tengah upaya pemerintah melakulan recovery ekonomi.

Di sisi lain, Gus Muhaimin menyatakan saat ini tidak hanya dapat menarik geliat ekonomi, namun Vespa terbukti sudah menjadi barang antik yang punya nilai ekonomi yang tinggi.

"(VWD) bukan saja dari prespektif ekonomi, tetapi vespanya sendiri sangat dahsyat, terutama sudah mulai sampai pada level barang antik," tegasnya.

Karena itu, keponakan Gus Dur ini mendukung penuh VWD 2022, bahkan ia ingin event serupa bisa dilaksanakan di sejumlah tempat. Sebab komunitas Vespa ada dan digandrungi banyak kalangan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

"Kita berharap vespa world days ini bisa menjadi pendongkrak ekonomi. Bukan hanya di Bali, kita ingin bikin vespa days di beberapa tempat," tukas Gus Muhaimin.

Vespa World Days (VWD) 2022 yang diselenggarakan di Peninsula Island, Bali pada 9-12 Juni menjadi sejarah baru bagi gelaran tahunan pecinta motor Vespa. Sejak pertama dilaksanakan pada 1954, acara ini untuk pertama kalinya digelar di luar Eropa.

VWD awalnya bernama Eurovespa. Eurovespa merupakan acara kumpul tahunan Klub Vespa yang diselenggarakan setiap tahun dari 1954 di Paris, Prancis hingga 2007 di San Marino, Italia.

Saat itu anggota Klub Vespa dan pecinta Vespa di seluruh Eropa berkumpul untuk bertemu dan menjalin hubungan satu sama lain. Biasanya, acara tersebut dikelola oleh Klub Vespa setempat di mana acara tersebut digelar.

Saat itu, Klub-klub Vespa diorganisir oleh Vespa Club Europe dan Federation International de Vespaclubs (FIV). Namun pada 2006, Vespa World Club menjadi wadah yang mempromosikan, mempersatukan, dan mengorganisir semua Klub Vespa di seluruh dunia.

Tags : Gus Muhaimin , Vespa , VWD 2022 , Bali