Pemerintah Minta Jemaah Haji Gunakan APD saat Beraktivitas di Mekah

| Senin, 13/06/2022 21:04 WIB
Pemerintah Minta Jemaah Haji Gunakan APD saat Beraktivitas di Mekah Jemaah Haji Indonesia (foto: kemkes)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Mekah, Muhammad Imran meminta jemaah haji Indonesia tetap menggunakan alat Pelindung Diri (APD) selama beraktivitas di Tanah Suci Mekah.

“Suhu saat ini sekitar 42-43 derajat dengan kelembapan 19%, semua harus pakai APD” kata Imran dalam rilisnya, Minggu 12 Juni 2022.

Imran menuturkan, perbedaan suhu yang ekstrim antara tanah Air dengan tanah suci akan berpengaruh pada kondisi fisik dan kesehatan Jemaah. Mulai dari kulit kering, bibir pecah-pecah, kaki melepuh, dehidrasi, bahkan heatstroke.

“Jangan sampai jemaah tidak bisa beribadah karena kaki melepuh, ketika jemaah tidak memakai alas kaki” kata Imran seraya mencontohkan.

Selain alas kaki, lanjut Imran, alat pelindung diri yang harus selalu digunakan oleh jemaah diantaranya masker, kacamata hitam, topi/payung, pelembab bibir, tabir surya.

Disamping itu, kata Imran, kecukupan konsumsi air putih dan air yang mengandung elektrolit sebagai pengganti mineral tubuh yang hilang juga menjadi hal yang wajib ditaati oleh jemaah haji indonesia.

“Yang penting lagi, jangan tunggu haus. Jemaah harus terus diingatkan untuk minum air putih sesering mungkin, paling tidak 6 botol masing-masing 600 ml dalam sehari” tukasnya.

Tags : Kemenkes , Haji 2022 , APD