Pemerintah Siap Gulirkan Vaksinasi PMK bagi Hewan Ternak

| Selasa, 14/06/2022 20:41 WIB
Pemerintah Siap Gulirkan Vaksinasi PMK bagi Hewan Ternak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah akan menggulirkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi hewan ternak di Tanah Air yang dimulai di Jawa Timur.

“Kita usahakan (vaksinasi) lebih cepat, lebih bagus,” ujar Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo di Jakarta, Selasa 14 Juni 2022.

Menurut Menten Syahrul Yasin, pemerintah telah mendatangkan vaksin PMK tahap pertama. Ia menyampaikan pelaksanaan vaksinasi akan diprioritaskan bagi hewan sehat namun berada di wilayah zona merah atau zona tertular PMK.

“Jadi total yang ada ini dulu yang kita vaksin pada kantong-kantong daerah merah,” ujar Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul Yasin menuturkan, pemerintah juga telah membentuk gugus tugas dan crisis center penanganan PMK baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

“Setiap hari, 24 jam melakukan validasi dan intervensi di tingkat kabupaten per hari. Kemudian per 2 hari, intervensi dan evaluasi di tingkat provinsi, ini dilakukan rapat koordinasi. Yang ketiga, di tingkat nasional tiga hari satu kali, dengan demikian koordinasi. Kemudian beberapa line yang kita buka untuk melakukan pelaporan juga itu dilakukan,” ujarnya.

Ia menegaskan hewan yang berada di zona merah diisolasi dan tidak boleh keluar zona, “Tidak boleh ada hewan hidup keluar, semua potong di tempat,” tegasnya.

Tags : PMK , Hewan Ternak

Berita Terkait