Hadir Di Acara Bicara Buku, Siti Fauziah Tegaskan Pancasila Mampu Kokohkan NKRI

| Kamis, 02/06/2022 17:20 WIB
Hadir Di Acara Bicara Buku, Siti Fauziah Tegaskan Pancasila Mampu Kokohkan NKRI Plt. Deputi Administrasi Setjen MPR RI Siti Fauziah (foto Humas MPR RI)

JAKARTA - Pelaksana Tugas Deputi Administrasi Setjen MPR RI Siti Fauziah, SE, MM menghadiri acara Bicara Buku Pustaka Bersama Wakil Rakyat membahas buku berjudul ‘Pancasila: Identitas Konstitusi Berbangsa dan Bernegara’ karya Prof. Dr. Jimly Asshiddqie, SH, di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Bersama anggota MPR dari Kelompok DPD Jimly Asshiddiqie, Ketua Bidang Pendidikan Seni Budaya dan Pariwisata DPP PCTA Dr (c) Soenarto Sardiatmadja, MBA, MM sebagai narasumber, serta Wisesa Utama Dewan Ketahanan Nasional Dr. Epin Saepudin, M.Pd, Siti Fauziah memasuki ruang acara dan disambut oleh Kepala Perpustakaan Setjen MPR Yusniar.

Dalam sambutannya, Siti Fauziah atau akrab disapa Ibu Titi ini menyampaikan bahwa pembahasan buku Jimly Asshiddiqie sangat menarik dan berkualitas yakni tentang Pancasila sebagai identitas konstitusional bangsa. Apalagi diskusi ini bersamaan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni kemarin, sehingga momennya sangat pas.

“Pancasila menurut saya, adalah semangat kita semua. Sebagai dasar dan ideologi negara, Pancasila sampai saat ini terbukti mampu menjadi pemersatu mengokohkan rakyat Indonesia tetap menyatu dalam wadah NKRI, tidak ada perpecahan,” katanya.

Di tengah sambutan untuk mencairkan suasana, Siti Fauziah menyapa para peserta yang hadir di lokasi acara dan secara daring via zoom, perwakilan perguruan tinggi dan komunitas seperti mahasiswa UIN Banten, anggota DPP PCTA, perwakilan Asia Africa Reading Club, dan perwakilan komunitas Relawan Literasi (Relasi).

“Salam Pancasila,” sapa Siti Fauziah, dibalas koor bareng pekikan salam Pancasila seluruh peserta. “Semangat sekali, inilah semangat rakyat Indonesia. Biarpun banyak peserta yang harus menempuh perjalanan cukup jauh dari rumah ke tempat acara ini, tapi demi Pancasila, demi NKRI tetap dijalani. Saya sangat apresiasi,” tambahnya.

Pancasila, lanjut Ibu Titi, juga merupakan bagian dari Empat Pilar MPR RI. MPR RI adalah lembaga yang memiliki tugas amanah dari UU untuk melakukan Sosialisasi Empat Pilar kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Di tengah penjelasannya soal Empat Pilar, Ibu Titi melakukan dialog interaktif kepada peserta dengan melemparkan pertanyaan dadakan soal Empat Pilar. “Siapa yang bisa sebutkan Empat Pilar MPR secara lengkap,” tanyanya. Beberapa peserta antusias berusaha menjawab walaupun tidak sempurna. “Tidak apa, yang penting berani dan semangat,” hibur Ibu Titi. “Empat Pilar MPR adalah Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat Pilar ini harus diingat, dipahami, kemudian diamalkan,” jelasnya ramah.

Di ujung sambutan, Ibu Titi mengajak seluruh generasi milenials Indonesia untuk tetap memegang teguh Pancasila sampai kapanpun. “Berusahalah mempelajari Pancasila dari semua sumber yang baik, salah satunya hadir di acara Bicara Buku ini. Saya berharap, acara ini akan bermanfaat dan menambah wawasan kita semua,” pungkasnya.

Tentang acara Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat, Siti Fauziah juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah program periodik yang digagas Perpustakaan Biro Humas Setjen MPR dengan agenda utama membedah buku-buku berkualitas, dipadu diskusi seru dan interaktif antara narasumber bersama peserta.

“Terkait perpustakaan, saya informasikan, perpustakaan MPR membuka pintu seluas-luasnya kepada masyarakat baik mahasiswa, pelajar atau umum untuk datang membaca atau meminjam buku-buku berbobot yang tersedia gratis di sini, terutama buku tentang MPR, amandemen, seputar UUD dan sejarahnya. Intinya, perpustakaan MPR ada tersedia untuk rakyat Indonesia, sebab MPR adalah Rumah Rakyat, Rumah Kebangsaan,” tandasnya.

Tags : MPR RI , Siti Fauziah