Indonesia Dorong Negara G20 Bentuk Sistem Kesehatan Global

| Selasa, 21/06/2022 22:15 WIB
Indonesia Dorong Negara G20 Bentuk Sistem Kesehatan Global Varian baru COVID-19, Omicron. (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong negara-negara anggota G20 untuk membentuk sistem kesehatan global agar semua orang aman dari pandemi.

“Kami mendorong negara-negara untuk membangun ketahanan sistem kesehatan global,” kata Juru Bicara G20 Kementerian Kesehatan RI dr. Siti Nadia Tarmizi di Yogyakarta, Senin 20 Juni 2022.

Menurut Nadia, pembangunan sistem kesehatan global dilakukan dengan mensinergikan mobilisasi sumber daya keuangan dan kesehatan esensial.

“Kita perlu mendukung pembentukan dana perantara keuangan yang sesuai melalui pendanaan negara G20 dan gugus tugas kesehatan. Dana saja tidak akan cukup. Ke depan, kita harus membangun mekanisme untuk meningkatkan dan memobilisasi sumber daya sehingga penanggulangan medis darurat dapat diakses oleh semua negara saat krisis terjadi,” ungkap Nadia.

Untuk itu, lanjut Nadia, perlu mengkonsolidasikan dan memastikan kemitraan multisektoral yang ada saat ini yang telah terjalin selama peristiwa epidemi dan pandemi utama yaitu Kelompok Koordinasi Internasional (ICG) tentang Penyediaan Vaksin, Kerangka Kesiapsiagaan Pandemi Influenza (PIP), ACT-Accelerator) menjadi lebih permanen.

“Kemitraan ini dapat membantu negara-negara secara efektif menangani pandemi di masa depan,” tandasnya.

Tags : Pandemi , Endemi , Covid19

Berita Terkait