BI Perkuat Ketahanan Siber di Sektor Keuangan

| Rabu, 22/06/2022 14:29 WIB
 BI Perkuat Ketahanan Siber di Sektor Keuangan Transaksi Digital (Doc: Matabanuaa)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) tengah memperkuat ketahanan siber baik dalam internal maupun lingkup industri keuangan. Hal itu diwujudkan melalui peluncuran Program Budaya Keamanan Siber.

Deputi Gubernur BI, Juda Agung Upaya mengatakan upaya itu dilakukan untuk membangun ekosistem keuangan yang lebih kuat

“Ketahanan siber harus diupayakan pada aspek manusia, proses, dan teknologi. Dalam Program Budaya Keamanan Siber ini, kami tidak hanya fokus pada manusia sebagai faktor krusial, namun juga secara holistik sehingga dapat bersama membangun ekosistem keuangan yang lebih kuat,” kata Juda, dalam ketarangan resmi BI, Rabu 22 Juni 2022.

Dia mengatakan, tidak ada senjata pamungkas untuk menjamin suatu organisasi terlepas dari ancaman dunia maya, oleh karena itu perlu adanya pendekatan keamanan berlapis yang mencakup manusia, proses, dan teknologi.

“Inisiatif memperkuat ketahanan siber oleh BI perlu dilakukan bukan hanya dari dan untuk BI, namun juga diperlukan sinergi bersama industri keuangan dan masyarakat. Ke depan, Bank Indonesia bersama lembaga terkait serta industri keuangan berupaya memperkuat ketahanan siber guna menjaga stabilitas sistem keuangan,” tandas dia.

 

Tags : Bank Indonesia , BI , Siber