Gus Halim Dukung Pengembangan Ekspor Komoditas Tanaman Anggrek

| Senin, 27/06/2022 18:21 WIB
Gus Halim Dukung Pengembangan Ekspor Komoditas Tanaman Anggrek Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menghadiri Rembug Insan Anggrek Jawa Timur sekaligus peresmian Taman Arjuno di Desa Gunungrejo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu 26 Juni 2022.

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT Halim Iskandar mendukung penuh pengembangan ekspor komoditas anggrek yang dihasilkan petani di sejumlah daerah. Salah satunya melalui pendekatan formal dengan kepala daerah.

"Terkait keluhan regulasi akan saya tindaklanjuti melalui pendekatan informal. Untuk pendekatan formalnya nanti akan dilakukan oleh kepala daerah," kata Gus Halim, sapaan akrabnya.

Gus Halim mengatakan, peluang Indonesia untuk menjadi produsen anggrek dunia sangat terbuka lebar. Menurutnya sebagai negeri tropis, Indonesia mempunyai kekayaan sumber plasma genetik anggrek yang luar biasa.

“Negeri kita ini punya plasma nuftah anggrek yang besar sehingga sangat berpotensi untuk menjadi produsen anggrek yang diperhitungkan dunia,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Perhimpunan Anggrek Indonesia Jawa Timur, Fathul Yasin sempat mengeluhkan tanaman anggrek tidak bisa diekspor.

"Kami berharap ini dapat dipermudah untuk dicarikan jalan keluar untuk bisa ekspor. Beberapa waktu lalu, salah satu diaspora asal Qatar pernah survei ke sini dan berminat untuk membawa anggrek ke sana. Namun sampai saat ini kami masih berusaha untuk bisa diekspor," ungkapnya.

 

 

 

 

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait