Hadiri KTT G7, Presiden Jokowi Dorong Perdamaian Rusia-Ukraina

| Senin, 27/06/2022 18:58 WIB
Hadiri KTT G7, Presiden Jokowi Dorong Perdamaian Rusia-Ukraina Presiden Joko Widodo dan rombongan telah tiba di Munich, Jerman (foto: kemenlu)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo dan rombongan telah tiba di Munich, Jerman untuk menghadiri undangan “Konferensi Tingkat Tinggi” (KTT) G7 pada Minggu, 26 Juni 2022 kemrin. Hari ini, Seni 27 Juni 2022 Presiden Jokowi mengikuti KTT G7 di Istana Elmau.

Dilansir kemenlu, dalam pertemuan bergengsi itu, Presiden Jokowi akan mendorong perdamaian di Ukraina dan juga mencari solusi terbaik untuk menghadapi krisis pangan, energi global.

“Kita akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi yang sedang melanda dunia. Memang upaya ini tidak mudah, tapi kita, Indonesia, akan terus berupaya,” kata Presiden Jokowi.

Dalam lawatannya ke Eropa, Presiden Jokowi akan akan mengunjungi Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy di Ukraina, kemudian Presiden Rusia, Vladimir Putin di Rusia. Hal ini dilakukan untuk mendorong upaya gencatan senjata kedua negara tersebut.

“Dari Ukraina saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” ungkapnya.

Tags : KTTG7 , Presiden Jokowi , Perdamaian Rusia , Ukraina

Berita Terkait