Gus Halim Minta Pendamping Desa Tak Boleh Jauh dari Pesantren

| Selasa, 28/06/2022 18:30 WIB
Gus Halim Minta Pendamping Desa Tak Boleh Jauh dari Pesantren Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meminta para Pendamping Desa tidak boleh jauh dari pesantren.

"Bagi Pendamping Desa untuk terus nyambungkan diri dengan pesantren," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Banyuwangi, Selasa 28 Juni 2022.

Gus Halim sapaan akrabnya mengungkapkan, sejak sebelum Indonesia merdeka, pesantren sudah eksis dalam kehidupan masyarakat. Bahkan konsep pembangunan desa berkelanjutan atau yang disebut dengan SDGs Desa sudah dilakukan oleh para kiai dan pesantren.

"Saat ini Pendamping Desa tinggal memilah dan memilih, dalam artian cara model komunikasi antara kita sebagai santri dengan kiai, dan sesama santri itu beda," ujar Gus Halim.

Kemendes PDTT, lanjut Gus Halim, akan terus berupaya meningkatkan kapasitas Pendamping Desa yang selama ini turut membantu dalam pembangunan desa.

"Nah itulah makanya teman-teman sekalian saya terus berupaya agar kapasitas Pendamping Desa ini terus meningkat," tandasnya.

Tags : Gus Halim , Pendamping Desa , Pesantren