Kejar Ketertinggalan, Gus Muhaimin Dorong RI-Korsel Perkuat Kerjasama Kesehatan

| Kamis, 30/06/2022 16:45 WIB
Kejar Ketertinggalan, Gus Muhaimin Dorong RI-Korsel Perkuat Kerjasama Kesehatan Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar menerima kunjungan Ketua Komite dan Kesejahteraan Majelis Nasional Korea Selatan di DPR RI (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) menerima kunjungan Ketua Komite dan Kesejahteraan Majelis Nasional Korea Selatan di komplek DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, 30 Juni 2022.

Pertemuan ini dinilai menjadi babak baru bagi Indonesia dan Korea Selatan untuk menjalin kerja sama terkait percepatan pemanfaatan teknologi terbaru di berbagai sektor, terutama di bidang kesehatan.

Gus Muhaimin berharap pertemuan ini dapat memperkuat kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan di berbagai bidang, terutama terkait urgensi percepatan pengembangan teknologi kesehatan di Indonesia.

"Ketua Komisi Kesehatan di Parlemen Korea Selatan ke sini untuk memperkuat kerjasama di berbagai bidang politik, kerjasama di bidang bisnis. Kita mendorong kedua negara untuk memperkuat kerjasama bidang teknologi, terutama teknologi kesehatan," kata Gus Muhaimin usai pertemuan.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyatakan, Indonesia harus mengejar kekurangan teknologi untuk mengantisipasi perkembangan kebutuhan di bidang kesehatan yang semakin komplek dan beragam.

"Kita harus mengejar kekurangan teknologi yang dibutuhkan untuk mengantisipasi perkembangan kebutuhan kesehatan, baik yang bersifat pegobatan maupun alat-alat kesehatan yang dibutuhkan untuk menangani pandemi maupun virus-virus lainnya," tutur Gus Muhaimin.

Keponakan Gus Dur ini mengakui bahwa Indonesia memerlukan percepatan di bidang teknologi kesehatan yang hingga kini masih belum optimal. Sebab itu kerjasama kedua negara dinilai mutlak diperlukan, di mana Korsel menjadi salah satu negara produsen teknologi kesehatan yang cepat.

"Indonesia harus mengakui bahwa kita butuh teknologi yang murah dan cepat untuk bisa digunakan. Nah Korea salah satu negara yang cepat dalam memproduksi alat-alat kesehatan," tutup Gus Muhaimin.

Ikut mendampingi Gus Muhaimin dalam pertemuan itu ialah Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun A Syamsurijal dan Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PKB Muhammad Khadafi.

Sementara Parlemen Korea Selatan dihadiri oleh Chairman of Health and Welfare Committee Kim Min Seok, Member of Special Committee on Budget and Accounts Kang Deukgu, Member of Science, ICT, Broadcasting and Communication Comitte Yang Jungsuk, dan Member of Health and Welfare Committee Choi Younsuk.

Tags : Gus Muhaimin , PKB , Korsel , DPR RI