Pemerintah Lakukan Penataan Pelabuhan di Bangka Belitung

| Senin, 04/07/2022 17:32 WIB
Pemerintah Lakukan Penataan Pelabuhan di Bangka Belitung Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan penataan pelabuhan-pelabuhan yang ada di Provinsi Bangka Belitung agar lebih produktif.

“Kami rencanakan dengan pak Gubernur Babel untuk memetakan kembali pelabuhan yang ada di Provinsi Bangka Belitung untuk dikembangkan secara lebih produktif,” kata Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumdadi di Bangka, Minggu 3 Juli 2022.

Menhub Budi menjelaskan bahwa di Pulau Bangka terdapat sejumlah pelabuhan baik untuk penumpang maupun barang, diantaranya yakni: Pelabuhan Penyeberangan Sadai, Pelabuhan Pangkal Balam, Pelabuhan Tanjung Ular dan Pelabuhan Belinyu.

“Kami bersama Pemda akan mengidentifikasi kembali pelabuhan mana yang akan dikembangkan, karena kalau kebanyakan pelabuhan tidak ekonomis,” jelasnya.

Salah satu upaya yang dilakukan agar pelabuhan lebih produktif, lanjut Menhub Budi, yakni akan mengkerjasamakan pengelolaan dan pengembangannya dengan pihak Swasta dan BUMD.

“Jadi pemerintah pusat memberikan kerjasama pengelolaan (KSP) kepada Pemda. Kemudian Pemda mengkerjasamakannya dengan BUMD dan swasta secara business to business (B to B),” ungkapnya.

Tags : Pelabuhan Bangka Belitung , Kemenhub