Menlu Retno Marsudi dan Menlu PEA Shaikh Abdullah Bahas Isu Bilateral

| Rabu, 06/07/2022 21:07 WIB
Menlu Retno Marsudi dan Menlu PEA Shaikh Abdullah Bahas Isu Bilateral Menlu Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Persatuan Emirat Arab, Shaikh Abdullah Bin Zayed Al Nahyan di Bali (foto: kemenlu)

RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Persatuan Emirat Arab, Shaikh Abdullah Bin Zayed Al Nahyan di Bali, Rabu 6 Juli 2022.

Menurut Menlu Retno, pertemuan bilateral membahas berbagai isu bilateral, terutama tindak lanjut hasil kunjungan Presiden RI ke Abu Dhabi pada 1 Juli 2022 lalu.

“Secara khusus dibahas kerja sama pembangunan Ibu Kota Baru (IKN), dan kerjasama-kerjasama lain antara lain di bidang kesehatan, penerbangan dan pengembangan mangrove,” kata Menlu Retno dalam rilisnya.

Dalam pembukaan pertemuan, Menlu Persatuan Emirat Arab (PEA) Shaikh Abdullah Bin Zayed Al Nahyan menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu prioritas negara mitra bagi PEA. Menlu PEA juga mencatat berbagai peran penting Indonesia di kawasan dan dunia, termasuk kunjungan terakhir Presiden ke Ukraina dan Rusia.

Selain isu bilateral, kedua kedua Menlu itu juga membahas berbagai isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama, antara lain perkembangan situasi di Ukraina, dan upaya pemulihan rantai pasok pangan.

“(Juga) membahas berbagai isu yang sedang menjadi perhatian Dewan Keamanan PBB, mengingat PEA saat ini menjadi salah satu negara anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB,” tukasnya.

Tags : PEA , IKN , Presiden Jokowi , Investasi

Berita Terkait