Kementan Dorong Zero PMK di Jawa Tengah

| Senin, 25/07/2022 12:15 WIB
Kementan Dorong Zero PMK di Jawa Tengah Peternakan Sapi Potong (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meninjau pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Grobogan Hal ini untuk memastikan Jawa Tengah menjadi daerah pertama yang zero PMK.

"Saya berkomitmen dengan Pak Gubernur untuk menjadikan Jawa Tengah sebagai daerah pertama yang zero PMK,” kata Mentan.

Dia menjelaskan PMK ini adalah virus yang muncul dengan siklus per 30 tahun dan memang terdapat 22 provinsi dan 300 kabupaten yang terkena PMK. Tapi tidak berarti di Grobogan ini hewannya terkena PMK semua, namun hanya ada di beberapa desa dan kecamatan.

"Oleh karena itu yang zona merah penangananya dilakukan tutup total arus masuk keluar hewan kecuali sudah dipotong," sambung dia.

SYL menegaskan pihaknya telah menerapkan beberapa langkah strategis untuk mempercepat penanganan PMK. Di antaranya telah membentuk gugus tugas sehingga pelaksanaan di daerah harus berjalan optimal.

Kedua, lalu lintas hewan harus diatur penuh sebagaimana sudah adanya dukungan perintah Kapolri, Panglima TNI dan kerjasama dengan BNPB dan PMI 

"Jadi, Ibu Bupati dan Kepala Dinas harus mau pastikan bahwa besok Grobogan harus zero kasus PMK. Satu minggu ke depan Grobogan ini harus zero kasus. Pak Kapolres dan pihak TNI tolong dipantau," tuturnya.

Tags : Zero PMK , PMK Sapi

Berita Terkait