Hadapi Ancaman Siber, Menaker Ida Luncurkan Ketenagakerjaan-CSIRT

| Kamis, 28/07/2022 18:52 WIB
Hadapi Ancaman Siber, Menaker Ida Luncurkan Ketenagakerjaan-CSIRT Kemnaker meluncurkan Sistem Ketenagakerjaan CSIRT guna menghalau ancaman siber (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah  meluncurkan Ketenagakerjaan Computer Security Incident Response Team atau Ketenagakerjaan-CSIRT di Jakarta, Kamis, 28 Juli 2022.

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, berdasarkan data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), terdapat 1,638 milyar serangan siber periode Januari s.d Desember 2021, meningkat sebesar 230,6% dari tahun 2020 yang hanya sebesar 495,3 juta serangan siber.

"Peluncuran Ketenagakerjaan-CSIRT ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk meningkatkan dan menjaga keamanan informasi sistem pemerintahan," kata Menaker Ida Fauziyah.

Menurutnya, layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dilakukan oleh instansi pemerintah sering kali menjadi sasaran serangan siber, yang berdampak sangat merugikan. Karena bukan saja mengganggu layanan publik tetapi juga dapat menurunkan kredibilitas lembaga secara khusus, dan pemerintah secara umum.

"Dengan berkumpulnya kita semua di sini, mari kita buktikan komitmen  bersama untuk menjaga keamanan informasi sistem pemerintahan agar mampu menjadi sistem pemerintahan berbasis elektronik yang handal, masif dan teruji, " ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Hinsa Siburian menyatakan, dalam menjalankan perannya sebagai pengelola insiden siber di lingkungan Kemnaker, kemampuan SDM Ketenagakerjaan-CSIRT perlu ditingkatkan melalui program pelatihan, workshop, serta yang paling penting perlunya simulasi penanganan serangan siber dengan berbagai skenario.

"Secara khusus pembentukan Ketenagakerjaan–CSIRT ini saya harapkan dapat mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kemnaker untuk menjaga kedaulatan negara di ruang siber Indonesia," pungkasnya.

 

 

 

 

 

Tags : Siber , Kemnaker , Ketenagakerjaan

Berita Terkait