Kembangkan Desa Wisata, Kemendes PDTT Gandeng ITS Surabaya

| Jum'at, 29/07/2022 18:39 WIB
Kembangkan Desa Wisata, Kemendes PDTT Gandeng ITS Surabaya Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Mendes Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya jadi pendamping pengembangan desa wisata.

"Pendampingan penyusunan master plan ini penting banget supaya pembangunan kita ini jelas dan lebih terarah," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Mojokerto, Kamis 28 Juli 2022.

Gus Halim-sapaan akrabnya mengingatkan, wisata jangan menjadi tujuan melainkan dampak dari penataan lingkungan dengan tujuan memperbaiki ekosistem lingkungan warga desa.

“Adapun wisata adalah dampak dari penataan lingkungan yang membuat lingkungan jadi menarik perhatian wisatawan,” kata Gus Halim.

Biasanya, kata Gus Halim, kalau wisata menjadi tujuan yang terlintas dalam pikiran perangkat desa adalah pabrikan atau wisata yang dipaksakan dan umurnya tidak akan bertahan lama. Namun berbeda dengan wisata alam yang tidak akan lekang oleh waktu.

"Jangan merancang wisata tapi lakukan apa yang bermanfaat bagi alam, bagi lingkungan, bagi pengairan, bagi pertanian, bagi kehidupan warga masyarakat,” kata Gus Halim.

 

 

 

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa