Seksi 3 Tol Panimbang Dibangun, Pj Gubernur Banten: Picu Berkembangnya Ekonomi di Banten

| Rabu, 10/08/2022 19:51 WIB
Seksi 3 Tol Panimbang Dibangun, Pj Gubernur Banten: Picu Berkembangnya Ekonomi di Banten Peletakan batu pertama pembangunan tol Panimbang Serang seksi 3 di Panimbang, Banten (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kembali mempercepat pembangunan tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 km dengan melakukan peletakan batu pertama (Groundbreaking) Seksi 3 Ruas Cileles - Panimbang di Gerbang Tol Exit Panimbang, tepatnya di Ruas Simpang Labuan - Cibaliung STA 16+500, Senin (8/8/2022).

Dalam kesempatan itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kehadiran jalan tol ini akan mendorong perekonomian di wilayah Banten, khususnya melalui sektor pariwisata dan industri.

"Pertumbuhan ekonomi Banten akan tambah  bagus, sekarang sudah lebih dari 5,4 persen atau diatas rata-rata nasional. Jadi kalau tol ini selesai, saya kira mereka dapat tumbuh di atas 6 persen dalam beberapa tahun ke depan," kata Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di Pandeglang, Senin 8 Agustus 2022 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, Jalan Tol Serang - Panimbang membentang sepanjang 83,7 km terbagi menjadi 3 Seksi, yakni Seksi 1 Ruas Serang – Rangkasbitung sepanjang 26,50 km telah beroperasi sejak Desember 2021, dilanjutkan dengan Seksi 2 Rangkasbitung - Cileles sepanjang 24 km dengan progres konstruksi 31,20%, dan Seksi 3 Cileles - Panimbang sepanjang 33 km.

"Sekarang kita groundbreaking bagian Pemerintah dengan anggaran Rp4,6 triliun akan kita selesaikan pada kuartal pertama 2024 untuk mendukung destinasi wista Tanjung Lesung," kata Menteri Basuki.

Begitu juga kata PJ Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan  kehadiran Jalan Tol Serang - Panimbang manfaatnya luar biasa karena untuk memperlancar konektivitas antara DKI Jakarta, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang hingga Kabupaten Lebak.

"Kami optimis ke depan jalan tol ini menjadi pemicu berkembangnya pusat pertumbuhan yang tentu akan berdampak positif pada Banten yang semakin maju. Terima kasih atas segala arah kebijakan pembangunan untuk Provinsi Banten," kata Gubernur Al Muktabar.

Tags : Tol Serang Panimbang , PUPR , Jalan Tol

Berita Terkait