Gus Halim: Keberhasilan Membangun Indonesia Dimulai dari Level Desa

| Jum'at, 12/08/2022 20:20 WIB
Gus Halim: Keberhasilan Membangun Indonesia Dimulai dari Level Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menegaskan keberhasilan membangun Indonesia akan dimulai dari level Desa.

Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, konsep pembangunan desa yang dirumuskan dalam SDGs Desa disertai data yang valid akan menjadi gerbong utama percepatan capaian kesejahteraan warga desa.

“Di SDGs Desa kita sederhanakan menjadi Desa tanpa kemiskinan. Jadi semua kita tarik ke desa, karena keberhasilan itu memang levelnya (fokus) mulai dari desa,” ungkap Gus Halim di Jakarta, Kamis 11 Agustus 2022.

Gus Halim menyampaikan, keberhasilan setiap desa itu akan menjadi ukuran pemerintah mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Pusat dari total 74.961 desa yang ada di Indonesia.

Pertanyaan soal alokasi dana desa untuk apa, Gus Halim dengan tegas mengatakan tidak ada batasan untuk dana desa, selama digunakan untuk kepentingan warga desa, meliputi pemulihan di sektor ekonomi serta peningkatan sumber daya manusia.

Namun demikian, Gus halim menjelaskan Kementerian Desa PDTT tetap konsisten setiap tahunnya menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) yang mengarahkan terhadap konsep prioritas penggunaan Dana Desa.

“Sebagai amanat UUD, Kementerian Desa setiap tahun harus megeluarkan  permen prioritas dana desa. Dari sanalah kita memberikan arahan dana desa yang merupakan transfer APBN, itu bisa selaras dengan RPJMN, selaras dengan strategi pembangunan nasional,” tukasnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait