Atasi Masalah Kesehatan Gigi, Kemenkes Aktifkan UKS Sekolah

| Kamis, 18/08/2022 18:20 WIB
Atasi Masalah Kesehatan Gigi, Kemenkes Aktifkan UKS Sekolah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau pemeriksaan gigi di salah satu SD di Kabupaten Bogor (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin meninjau pemeriksaan gigi dan mulut anak SDN Gunung Geulis 01, Kabupaten Bogor, Kamis 18 Agustus 2022.

Dalam sambutannya, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengingatkan kepada para guru dan orang tua agar anak-anak mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis, rajin menyikat gigi, dan rutin memeriksakan gigi setiap 6 bulan.

“Kesehatan gigi itu tidak boleh terlalu banyak makan dan minum yang manis-manis, sikat giginya mesti rajin, dan minimal periksa gigi setahun dua kali,” ujar Menkes Budi.

Menurut Menkes Budi, saat ini sekitar 88% anak-anak Indonesia memiliki masalah kesehatan gigi. Untuk itu, kegiatan ini merupakan program pemerintah untuk mengatasi masalah gigi anak-anak tersebut dilakukan dengan mengaktifkan kembali Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

“Kita akan mengaktifkan kembali Usaha Kesehatan Sekolah. Nanti Puskesmas- Puskesmas dan Posyandu akan kita seringkan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah melalui unit kesehatan sekolah agar bisa melakukan pemeriksaan gigi ke anak-anak,” katanya.

Menkes Budi menilai pemeriksaan gigi dan mulut di sekolah penting dilakukan. Hal ini menjadi salah satu siasat agar anak-anak mau memeriksakan giginya. “Pasalnya, sejumlah masyarakat enggan memeriksakan gigi anaknya karena ada stigma yang berkembang,” tukasnya.

 

Tags : UKS , Kesehatan Gigi

Berita Terkait