Pemerintah Dukung Inovasi Maskapai untuk Stabilkan Harga Tiket

| Senin, 22/08/2022 16:28 WIB
Pemerintah Dukung Inovasi Maskapai untuk Stabilkan Harga Tiket Bandara Juanda Surabaya (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung inovasi yang dilakukan maskapai penerbangan dalam rangka menstabilkan harga tiket pesawat.

“Kami mendukung inovasi yang akan dilakukan Lion Group dengan BNI untuk memberikan tarif yang terjangkau, khususnya di hari-hari kerja (weekdays) pada siang hari,” kata Menhub Budi Karya Sumadi saat menghadiri Super Air Jet First Anniversary dan SAJ Fashion Show di Terminal 1B Bandara Soekarno Hatta, di Tangerang, Senin 22 Agustus 2022.

Menurut Menhub Budi, inovasi menstabilkan harga tiket ini akan mengubah kebiasaan masyarakat yang biasanya menggunakan pesawat di pagi atau sore hari dan di hari libur.

“Jadi kalau mau tiket yang tidak mahal, naiknya bisa di hari kerja dan siang hari,” ujarnya.

Untuk itu, Menhub Budi mengajak seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan, khususnya maskapai, untuk bersama-sama pulih dan bangkit lebih cepat, sesuai dengan momen Presidensi Indonesia pada kegiatan G20.

“Sektor perhubungan berkontribusi sebesar 21,27% pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pada kuartal kedua tahun 2022 tumbuh di atas 5%. Momentum pertumbuhan ini harus dilakukan dengan konsisten agar tidak menurun,” tutur Menhub Budi.

Sementara itu, Dirut Super Air Jet Ari Azhari menyatakan optimisme bahwa industri penerbangan akan pulih dan bangkit lebih kuat. Ia mengatakan, jumlah armada maskapai Super Air Jet semakin bertambah dan wilayah yang dilayani juga semakin bertambah.

“Awal mula kami memiliki 3 unit armada pesawat tipe Airbus 320 dan terbang perdana pada 6 Agustus 2021. Saat ini kami memiliki 31 unit armada pesawat dan melayani 19 kota di Indonesia dengan frekuensi 114 penerbangan setiap hari. Hingga akhir tahun 2022, diproyeksikan bertambah menjadi 61 unit armada pesawat,” tukasnya.

Tags : Pesawat , Angkasa Pura II , Kemenhub