Pandangan RAPBN 2023, FPKB Apresiasi Target Pemerintah Turunkan Angka Kemiskinan

| Selasa, 23/08/2022 19:28 WIB
Pandangan RAPBN 2023, FPKB Apresiasi Target Pemerintah Turunkan Angka Kemiskinan Anggota FPKB DPR RI, Ela Siti Nuryamah saat membacakan pandangan fraksi terhadap RAPBN 2023 (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI mengapresiasi target yang dipatok pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan pada kisaran 7,5-8,5 persen dan tingkat ketimpangan atau rasio gini 0,375-0,378 pada RAPBN 2023. 

Saat membacakan pandangan FPKB terhadap RAPBN 2023 dalam rapat paripurna DPR, Selasa 23 Agustus 2022, Anggota DPR RI Ela Siti Nuryamah menilai target ini cukup optimis. Untuk itu, FPKB meminta pemeritah terus meng-update data terpadu kesejahteraan sosial agar tiap program tepat sasaran.

“Fraksi PKB mendorong kepada pemerintah untuk terus memperbaiki dan meng-update data terpadu kesejahteraan sosial agar program perlinsos dan bantuan sosial lainnya dapat tepat sasaran,” kata Ela Siti Nuryamah.

Fraksi PKB juga, kata Ela, meminta pemerintah terus mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja baru sehingga target pengangguran terbuka yang dicanangkan dapat tercapai. Diketahui tingkat pengangguran terbuka ditargetkan pada kisaran 5,3-6,0 persen.

“Belanja-belanja modal dan padat karya juga harus ditingkatkan dan dioptimlisasikan proyek-proyek infrastruktur yang secara signifikan mampu menyerap tenaga kerja dimana sempat berhenti dimasa pandemic Covid-19,” tambah Ela.

Di akhir pandanganya, Fraksi PKB menyatakan persetujuannya terhadap RUU tentang APBN TA 2023 beserta Nota Keuangannya untuk dibahas lebih lanjut.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, maka Fraksi PKB menyatakan prsetujuannya agar RUU APBN TA 2023 beserta Nota Keuangannya ini dapat dibahas pada tahap selanjutnya sesuai dengan prosedur, mekanisme, dan ketentuan yang berlaku,” tutup Ela.

Tags : RAPBN 2023 , Kemenkeu , DPR , Paripurna , FPKB

Berita Terkait