Kerja Sama Pemerintah Pusat, Pemda dan Masyarakat Ciptakan SDM Unggul

| Senin, 29/08/2022 19:37 WIB
Kerja Sama Pemerintah Pusat, Pemda dan Masyarakat Ciptakan SDM Unggul Menaker Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, upaya peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) tidak dapat dilakukan hanya oleh pemerintah pusat dan daerah, tetapi juga harus dari seluruh kekuatan masyarakat.

"Kami sadar betul pondok pesantren, gereja, serikat pekerja/serikat buruh adalah potensi yang juga harus men-support upaya kita meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia. Jadi pembangunan BLK Komunitas ini bagian dari masifikasi peningkatan kompetensi," kata Menaker Ida Fauziyah saat penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahap II Tahun 2022 di Jakarta, Sabtu 27 Agustus 2022.

Menurut Menaker Ida, peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia mutlak dilakukan. Apalagi, Indonesia akan menghadapi bonus demografi. BLK Komunitas menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan SDM itu sendiri.

"Dengan demikian maka insyaallah dengan pembangunan BLK Komunitas secara masif ini kita semua akan bisa menyambut bonus demografi," imbuhnya.

Menaker Ida Fauziyah menuturkan, pemerintah pusat akan membangunkan BLK Komunitas beserta segala keperluannya. Hanya saja, ke depannya, pengelola BLK Komunitas harus mandiri. Ia tidak menginginkan setelah BLK Komunitas selesai berdiri, kemudian pengelolaannya berhenti.

"Karena di tangan Bapak, Ibulah kemandirian BLK Komunitas ini terwujud. Mari kita manfaatkan fasilitas dari pemerintah ini dengan sebaik-baiknya, sehingga BLK Komunitas melahirkan tenaga kerja yang kompeten," tuturnya.

Tags : Menaker Ida Fauziyah , SDM , BLK Komunitas