Gus Halim Ingin Pendamping Desa Miliki Kinerja yang Terukur

| Senin, 29/08/2022 20:40 WIB
Gus Halim Ingin Pendamping Desa Miliki Kinerja yang Terukur Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri mengunjungi Desa Bangun Jaya, Kabupaten Kukar (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim menginginkan, pendamping desa memiliki kinerja yang bagus dan terukur dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Saya ingin pendamping desa itu tampil beda. Oleh karena itu, saya ingin pendamping desa itu miliki kinerja yang bagus dan terukur. Karena faktanya ekspektasi terhadap pendamping desa melebihi kenyataan," kata Gus Halim di Purwokerto, Sabtu, 27 Agustus 2022 lalu.

Gus Halim menegaskan, ada tiga pilar yang menopang Kemendes PDTT, yaitu pertama menteri karena pemegang kebijakan tertinggi. Kedua adalah birokrasi yang menjadi pilar penting untuk memperkokoh Kemendes PDTT.

"Pilar ketiga tenaga pendamping profesional yang merupakan anak kandung Kemendes PDTT," kata Gus Halim.

Oleh karena itu, Gus Halim terus mendorong peningkatan kualitas pendamping desa agar mampu mengkolaborasikan secara efektif tugas pendampingan dengan program-program pemberdayaan desa, unit kerja maupun dengan pemerintah daerah.

"Tenaga pendamping profesional sangat dibutuhkan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Ini yang harus dibutuhkan," tandasnya.

Selain itu, Gus Halim juga mengingatkan pendamping desa agar terus setia pada tugas dasar yaitu untuk mendorong peningkatan kapasitas Pemerintahan Desa dalam hal Pendataan. Menurutnya SDGs Desa dinilai konkrit untuk menentukan arah pembangunan desa serta memahami permasalahan yang terjadi di level desa.

"Saya mengajak pendamping desa untuk ikhtiar maksimal dalam mengabdikan diri di wilayah masing-masing," tukasnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait