Shopee Rajai Pasar E-Commerce Asia Tenggara

| Jum'at, 02/09/2022 14:52 WIB
Shopee Rajai Pasar E-Commerce Asia Tenggara Shopee (foto:Shutterstock)

RADARBANGSA.COM – Perusahaan e-commerce asal Singapura, Shopee masih merajai  pasar e-commerce se- Asia Tenggara.

Menurut laporan terbaru iPrice, pada kuartal I tahun 2022, Shopee secara konsisten menjadi situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di 5 dari 6 negara Asia Tenggara.

Kelima negara itu adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Untuk total kunjungannya mencapai 421 juta pengunjung di awal tahun 2022 ini. Sementara untuk Indonesia masih dipegang oleh Tokopedia.

Shopee dalam satu tahun terakhir telah menempatkan fokus yang signifikan untuk lebih terlibat dalam gaya hidup konsumennya.

“Itulah alasan mengapa Shopee memperluas lini bisnisnya dan menyediakan layanan pesan antar makanan (Shopee Food) di Indonesia, Malaysia dan Thailand,” ungkap laporan tersebut.

Saat ini kompetitor utama Shopee adalah Lazada dengan total kunjungan mencapai 137 juta pengunjung. Perusahaan e-commerce yang didukung Alibaba ini berhasil menduduki peringkat kedua di Singapura, Thailand, dan Filipina, keempat di Vietnam, dan ketiga di Indonesia juga Malaysia.

Berbeda dengan Shopee, Lazada justru memperluas lini bisnisnya ke sektor logistik untuk menyelesaikan salah satu tantangan terbesar e-commerce di Asia Tenggara.

“Setelah membangun infrastruktur logistiknya sendiri, Lazada juga bekerja sama dengan Grab untuk membantu para penjual di Singapura dengan layanan same day delivery,” ungkap laporan tersebut.

 
Tags : Shopee , Tokopedia

Berita Terkait