Atasi Permasalahan Sampah, Luluk Nur Hamidah Minta KLHK Libatkan Masyarakat

| Senin, 05/09/2022 22:30 WIB
Atasi Permasalahan Sampah, Luluk Nur Hamidah Minta KLHK Libatkan Masyarakat Anggota Komisi IV DPR RI Luluk Nur Hamidah (kanan) foto: dpr

RADARBANGSA.COM – Komisi IV DPR RI menggelar Rapat Kerja atau Raker dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di ruang Komisi IV DPR, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin, 5 September 2022.

Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi IV DPR RI Luluk Nur Hamidah mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mendukung partisipasi masyarakat Indonesia demi menyelesaikan permasalahan sampah beserta limbah di Tanah Air.

“Ini ada anak-anak muda yang bisa menghasilkan start up bidang lingkungan hidup khususnya pengelolaan sampah. Dan, ini menurut saya, yang perlu ditularkan dan difasilitasi oleh kementerian agar menumbuhkan minat dari orang-orang muda (agar) mereka bisa berkontribusi,” ucap Luluk Nur Hamidah.

Mbak Luluk-sapaan akrabnya menjelaskan Komisi IV DPR RI berkunjung ke Waste4Change yang berlokasi di Kota Bekasi, Jawa Barat, untuk melihat partisipasi anak-anak muda untuk mengelola sampah dan limbah. Baginya, semangat yang ditularkan oleh anak-anak muda melalui start-up yang mereka bangun itu harus didukung penuh.

“Model-model pengelolaan sampah yang berbasis pada komunitas atau model-model start up seperti ini jadi keberlangsungan usaha orang-orang muda di bidang sampah ini,” imbuhnys.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menekankan agar KLHK serius menangani isu sampah dan Indonesia dengan memberikan anggaran yang proporsional. KLHK melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 tidak akan bekerja maksimal tanpa dukungan anggaran yang memadai.

“Saya kira anggarannya perlu dikoreksi untuk dipertimbangkan kembali, untuk bisa diperkuat, termasuk juga bisa digunakan untuk pemberdayaan masyarakat bagaimana menggerakan komunitas,” tukasnya.

Tags : Komisi IV DPR , KLHK , Permasalahan Sampah

Berita Terkait