Dampak BBM Naik, Pemerintah Bakal Naikan Tarif Angkutan Umum dan Ojek Online?

| Selasa, 06/09/2022 17:59 WIB
Dampak BBM Naik, Pemerintah Bakal Naikan Tarif Angkutan Umum dan Ojek Online? Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga, termasuk dengan pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan untuk membahas dampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi sektor transportasi.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi salah satu langkah dilakukan adalah melakukan penyesuaian tarif angkutan umum kelas ekonomi, khususnya pada moda transportasi darat.

“Besaran tarif akan ditentukan oleh kajian yang tengah kami lakukan, dan hasilnya akan kami sampaikan dalam waktu dekat,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi dalam rilisnya, Selasa, 6 September 2022.

Langkah selanjutnya, kata Menhub Budi Karya Sumadi, pihaknya akan segera menetapkan penyesuaian tarif ojek online. “Untuk penyesuaian tarif ojek online (ojol) akan kami umumkan dalam dua hari ke depan, dengan besaran yang telah disesuaikan dengan kondisi terakhir penyesuaian harga BBM,” tambahnya.

Sementara itu, imbuh Menhub, dampak dari adanya kenaikan harga BBM bersubsidi pada moda transportasi laut, udara, dan kereta api kelas ekonomi tidak terlalu signifikan, namun demikian kajiannya tetap akan dilakukan dan diumumkan dalam waktu dekat.

“Untuk transportasi udara, saat ini kami melihat tren penurunan harga tiket pesawat di waktu-waktu tertentu. Ini menjadi hal yang menggembirakan sesuai dengan harapan kita bersama,” tukasnya.

Tags : Ojek Online , Angkutan Umum

Berita Terkait