Gus Halim: Lombok Utara Bakal Jadi Pilot Project Implementasi SDGs Desa

| Selasa, 06/09/2022 19:20 WIB
Gus Halim: Lombok Utara Bakal Jadi Pilot Project Implementasi SDGs Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat menerima audiensi Bupati Lombok Utara dan para Kadesnya di Jakarta (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menerima audiensi Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu dan rombongan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Lombok Utara di Kantor Kemendes Jakarta, Selasa, 6 September 2022.

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandara menyatakan Lombok Utara bakal menjadi pilot project implementasi SDGs Desa dan pemanfaatan Dana Desa di Nusa Tenggara Barat. Menurutnya, regulasinya tengah disususn oleh Kemendes PDTT.

"Saya telah membuat Permen (Peraturan Menteri) tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2023, di mana tiga persen dari Dana Desa bisa operasional pemerintah desa," kata Mendes PDTT Halim Iskandar.

Gus Halim-sapaan akrabnya menyatakan, nantinya prioritas penggunaan Dana Desa tidak terlalu banyak berubah. Di antaranya Bantuan Langsung Tunai (BLT) maksimal 25 persen.

“Dengan demikian diharapkan Kades bisa lebih fleksibel,” katanya.

Gus Halim menjamin Dana Desa pada 2024-2030 akan mengalami kenaikan. Selain itu termasuk soal usulan perpanjangan periodisasi Kades dari enam tahun menjadi sembilan tahun. Namun hal ini tidak mengubah jumlah masa jabatan Kades yakni selama 18 tahun.

"Jadi yang diubah pembaginya, dari enam tahun menjadi sembilan tahun," tegasnya.

Gus Halim menegaskan jika membangun desa itu tidak boleh lepas dari akar budaya setempat. Termasuk ornamen khas desa pun sesuai dengan akar budaya.

Dalam pertemuan, Gus Halim juga mengapresiasi kinerja Bupati Djohan yang sukses menuntaskan desa tertinggal dan menggenjot menjadi desa maju atau Mandiri. "Kemendes bakal memberikan penghargaan berupa lencana kepada enam kepala desa mandiri di Lombok Utara," ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Gus Halim yakni Kepala Badan Pengembangan Informasi Ivanovich Agusta dan Staf Khusus Menteri Nasrun Annahar dan Zainul Munasihin.

Tags : SDGs Desa , Gus Halim

Berita Terkait