Kendalikan Inflasi Pangan, BI dan TPID Riau Luncurkan Program Optimalisasi Peran BUMDes

| Senin, 12/09/2022 23:14 WIB
Kendalikan Inflasi Pangan, BI dan TPID Riau Luncurkan Program Optimalisasi Peran BUMDes Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Riau meluncurkan program unggulan optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Provinsi Riau di Kabupaten Kampar, Senin 12 September 2022.

Program pengendalian inflasi daerah tersebut mengoptimalkan peran BUMDes tidak hanya sebagai badan usaha, namun turut berperan dalam menjaga kesinambungan pasokan, serta mengatur efisiensi rantai distribusi untuk komoditas cabai.

Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono, dengan program tersebut, Riau menjadi provinsi pertama di Indonesia yang fokus pada pengembangan peran BUMDes dalam upaya pengendalian inflasi daerah.

“Koordinasi dan kolaborasi erat dari semua pihak yang terlibat, baik dinas PMD selaku pendamping Bumdes, Dinas Pertanian selaku pakar dalam budidaya, Dinas Perindag selaku pengatur pasar dan pihak-pihak lain akan memperkuat terbentuknya ekosistem ini. Untuk itu kami mengajak semua pihak untuk meningkatkan sinergi dalam implementasi upaya pengendalian inflasi," pungkas Doni P. Joewono.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP)merupakan wujud kontribusi Pemerintah untuk menjaga tingkat inflasi melalui penguatan peran dan kinerja BUMDes dalam pemenuhan ketersediaan pasokan di daerah.

“Keberhasilan implementasi program pemberdayaan BUMDes Riau diharapkan semakin memperkuat upaya bersama untuk membawa inflasi pangan pada target kisaran, sehingga kestabilan harga dan ketahanan pangan nasional dapat tercapai,” katanya.

Tags : Inflasi Pangan , Bank Indonesia

Berita Terkait