Gus Halim Minta Pemda dan Perguruan Tinggi Terlibat Sukseskan RPL Desa

| Rabu, 14/09/2022 19:35 WIB
Gus Halim Minta Pemda dan Perguruan Tinggi Terlibat Sukseskan RPL Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meinta pemerintah daerah dan perguruan tinggi turut terlibat langsung menyukseskan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa sesuai dengan perannya.

"Ini (RPL Desa) adalah investasi yang luar biasa dan sayang untuk dilewatkan. Ini juga akan menjadi investasi pembangunan di desa dalam meningkatkan kapasitas di desa," kata Mendes PDTT Halim Iskandar di Semarang, Senin, 12 September 2022.

Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) desa mutlak terus dilakukan untuk kesejahteraan hidup masyarakat desa dalam jangka panjang.

Gus Halim menegaskan RPL Desa merupakan salah satu langkah Kemendes PDTT menjadikan entitas desa terdepan dalam pembangunan bangsa. Selain peningkatan kualitas kepala desa maupun perangkat desa, RPL Desa juga akan memotivasi warga desa untuk terus belajar dan meningkatkan diri.

"Harapannya RPL Desa bisa meningkatkan kualitas SDM. Saya yakin bukan hanya kepala desa, perangkat desa, atau pendamping desanya yang mau belajar tapi motivasi belajar di masyarakat akan bangkit juga. Karena para perangkat bisa menginformasikan kepada masyarakat sehingga tumbuh rasa ingin untuk belajar juga," ujar Gus Halim.

Dengan adanya program ini, kata Gus Halim, pengalaman kerja di desa, seperti sebagai kepala desa, perangkat desa, pendamping desa, pengurus BUM Desa dapat disetarakan dengan materi kuliah di universitas dengan berbagai program studi, sehingga berkesempatan mendapat gelar sarjana S1 maupun doktor.

“Sampai saat ini program tersebut telah dilaksanakan oleh UNY dan Unesa yang bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Bojonegoro,” tukasnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait