Komisi IV Kunjungan Kerja ke Kota Batu Tinjau Produktivitas Apel

| Jum'at, 16/09/2022 15:52 WIB
Komisi IV Kunjungan Kerja ke Kota Batu Tinjau Produktivitas Apel Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Komisi IV DPR RI melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik ke lokasi Wisata Petik Apel Mandiri, di Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur untuk melihat langsung produktivitas kebun apel di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis, 15 September 2022. Kunjungan tersebut juga untuk mengetahui secara langsung penyebab berkurangnya produktivitas tersebut.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini, mengungkapkan bahwa produktivitas apel di Kota Batu sudah sangat berkurang. Mulai dari perubahan bentuk apel hingga tekstur kulitnya. Sebagaimana diketahui Kota Batu dikenal dengan komoditas pertaniannya, salah satunya sebagai penghasil apel.

"Jadi kita bertemu dengan para petani, dengan beberapa stakeholder untuk mencari masukan dan aspirasi dari mereka," ujar Anggia.

"Kita hadir disini untuk memperbaiki masalah yang terjadi. Jangan sampai apel ini punah, karena saat ini kita ketahui apel mengalami penurunan yang luar biasa," tukasnya.

Pada kesempatan itu, Komisi IV DPR RI menyampaikan komitmennya melalui tugas konstitusi akan bersama-sama mengatasi permasalahan produksi, mulai dari penyediaan sarana untuk pupuk organik, penelitian pengembangan varietas apel, mengatasi permasalahan subsidi pupuk dan restorasi tanah untuk mengembalikan unsur hara.

Sementara itu, Dul Komar selaku penyuluh pertanian Kecamatan Bumiaji menyampaikan bahwa beberapa tahun terakhir, produksi apel mengalami penurunan. Tahun 2020 tercatat lahan apel di Kota Batu seluas 1.200, namun di tahun 2.022 hanya tersisa 1.092 hektar.

Selain karena biaya produksinya yang tinggi, tingkat produktivitas apel menurun dikarenakan kualitas tanah yang juga memburuk akibat pemakaian pupuk kimia secara berkepanjangan. Rata-rata, pohon apel di Kota Batu saat ini sudah berusia 40-50 tahun lebih.

Tags : DPR RI , Kota Batu , Apel , Kunjungan Kerja