Kunker ke Jembrana, Gus Halim Panen Jagung dan Madu Bersama Warga

| Rabu, 21/09/2022 16:36 WIB
Kunker ke Jembrana, Gus Halim Panen Jagung dan Madu Bersama Warga Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (kanan)(foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Jembrana, Bali, Selasa, 20 September 2022.

Dalam kunker kali ini, Gus Halim dan rombongan mengunjungi petani jagung di Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo. “Di sini ada petani jagung yang seluruh produksinya diambil oleh BUM Desa, jadi offtaker-nya itu BUM Desa,” katanya.

Menurut Gus Halim, BUM Desa Tirta Rahayu membeli semua hasil panen milik petani dengan harga yang disepakati. Selanjutnya sebagian diolah dan sebagian lainnya dijual kepada pabrik atau pembeli lainnya.

“Selain diuntungkan, petani juga selalu mendapat kepastian harga,” tambahnya.

Didampingi Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, Gus Halim juga mengunjungi Kelompok Tani Lebah Madu Buana Sari yang juga berada di Desa Yeh Sumpul.

“Kelompok Tani Lebah Madu Buana Sari itu menjadi yang pertama di Bali dalam pengembangan budidaya jenis lebah unggulan asal benua Australia. Madu jenis Afis Meliferi sudah dikembangkan oleh kelompok tani ini  sejak dua tahun yang lalu,” tukasnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait