Pemerintah Kejar Target Pengendalian HIV/AID, TBC dan Malaria

| Rabu, 21/09/2022 18:34 WIB
Pemerintah Kejar Target Pengendalian HIV/AID, TBC dan Malaria Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah terus mengejar target pengendalian HIV/AIDS, TBC, dan Malaria di berbagai daerah.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, upaya mengejar target tersebut dilakukan dengan dukungan leadership dan akuntabilitas pemerintah daerah provinsi dan kabupaten kota.

“Leadership dan akuntabilitas pemerintah daerah di tingkat Provinsi dan Kab Kota adalah kunci keberhasilan Indonesia atasi HIV, TB dan Malaria dalam sistem kesehatan yg terdesentralisasi di tanah air,” ungkap Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam rilis kemenkes, Rabu, 21 September 2022.

Menkes Budi berharap pada akhir tahun 2024 target 90% penemuan dan 90% pengobatan HIV/AIDS tercapai. Demikian juga target 90% penemuan kasus dan 90% pengobatan TBC.

“Pada tahun 2022, untuk kasus TBC baru 286 ribu dari 824 ribu kasus yang terdeteksi, sisanya 537 ribu kasus belum terdeteksi. Demikian halnya pada HIV/AIDS. Tahun ini, dari target 97 ribu kasus terdeteksi, baru 13 ribu (13%) yang ditemukan,” katanya.

Sementara itu, lanjut Menkes Budi, untuk kasus positif malaria dan annual parasite index (API) cenderung meningkat, terutama di wilayah Indonesia Timur, “Dari tahun 2020 ke 2021 kasus positif malaria naik 50 ribu kasus,” tambahnya.

Lebih lanjut, Menkes Budi menyampaikan bahwa dalam mengejar target eliminasi HIV/AIDS, TB, Malaria, pemerintah dibantu oleh Global Fund sebagai mitra pembangunan kesehatan di Indonesia.

“Sejak 2003 hingga saat ini sebesar USD 1,45 Miliar (Rp 20,89 Triliun) diberikan kepada Kementerian Kesehatan dan komunitas khususnya untuk program penanggulangan HIV/AIDS, TBC, dan malaria. Saat ini investasi The Global Fund untuk Indonesia merupakan yang terbesar ke-2 di Asia setelah India,” tukasnya.

Tags : HIV , AIDS , TBC , Malaria

Berita Terkait