Indonesia Dorong Penyelesaian Perundingan IEU-CEPA

| Kamis, 22/09/2022 21:53 WIB
Indonesia Dorong Penyelesaian Perundingan IEU-CEPA Menko Ekon, Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Executive Vice President Commisioner for Trade, Valdis Dombrovski membahas perundingan IEU CEPA (foto: ekon)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon), Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Executive Vice-President Commisioner for Trade, Valdis Dombrovskis, di Hotel Sofitel, Nusa Dua, Bali, Kamis, 22 September 2022.

“Para pemimpin kedua pihak mempunyai komitmen yang kuat untuk segera menyelesaikan masalah-masalah yang masih menjadi ganjalan dalam perundingan IEU-CEPA, terutama penyelesaian di tingkat teknis, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” kata Menko Ekon, Airlangga Hartarto dalam keterangan pers rilisnya.

Airlangga menyampaikan bahwa pertemuan itu juga membahas mengenai proposal kebijakan Uni Eropa yang diterapkan melalui Green Deal Strategy, khususnya menyangkut Deforestation Free Supply Chain (DFSC), proses sengketa dagang di WTO dan Uni Eropa, Neraca Komoditas, dan Halal Certification.

“Uni Eropa sangat terkesan dan menyampaikan apresiasinya atas upaya dan langkah Pemerintah Indonesia dalam menciptakan kemudahan berusaha dan iklim investasi yang mendukung Foreign Direct Investment (FDI) yang di dorong melalui penerapan UU Cipta Kerja,” tukasnya.

Untuk diketahui, nilai perdagangan Indonesia - UE pada tahun 2021 tercatat sebesar USD 29,03 Miliar, terjadi peningkatan jika dibandingkan pada tahun 2020 yang sebesar USD 23,26 Miliar.

Sementara itu, pada periode Januari-Juli 2022, nilai perdagangan tercatat sebesar USD 18,59 Miliar atau meningkat 20% dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni USD 15,52 Miliar.

Tags : Menko Perekonomian , IEU-CEPA , WTO , Indonesia